Saturday, April 30, 2016

Introduction Kong Tik Soe

Salam sejahtera bagi kita semua,

Kong Tik Soe merupakan gedung dengan keindahan seni ukir dan seni bangunan yang sangat menawan, berdiri pada penghujung tahun 1845. Dibangun untuk memperingati budi baik serta kebajikan para leluhur yang telah berjasa bagi masyarakat. Digedung ini tersimpan nilai-nilai kearifan dan keluhuran. Seperti halnya di negara kita yang sangat menghargai dan menghormati para pahlawan yang berjasa, demikian pula halnya dengan pendirian gedung Kong Tik Soe dimaksudkan untuk mengajarkan kepada kita penghormatan kepada leluhur. Untuk menghormati leluhur dalam gedung ini disediakan sarana penghormatan yang dinamakan Sin Cie yakni sebilah papan yang terukir nama leluhur kita masing-masing. Tidak hanya sebagai gedung peringatan; sesuai dengan cita-cita leluhur kita, Kong Tik Soe juga berfungsi untuk menampung kegiatan-kegiatan keagamaan dan kemanusiaan serta kegiatan sosial.
Didalam gedung terdapat Balai Pengobatan dan Layanan perkabungan yang dikelola oleh Yayasan Tjie Lam Tjay. Sedangkan disisi barat gedung difungsikan sebagai sekolah gratis untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu. Bidang pendidikan ini dikelola oleh Yayasan Khong Kauw Hwee.
Seiring dengan perkembangan zaman nilai-nilai luhur yang telah diwariskan berangsur-angsur mulai memudar, oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus bisa mawas diri, menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur nenek moyang kita agar tujuan mulia ini tetap lestari, abadi sepanjang masa.
Sementara itu tidak sedikit orang yang salah mengerti tentang keberadaan Kong Tik Soe, oleh karena sejak awal berdiri sering orang menyebut Kong Tik Soe sebagai rumah abu dengan demikian sering diartikan sebagai rumah abu jenazah.
Bagi kita untuk dapat disebut generasi penerus yang berbakti adalah dapat melanjutkan cita-cita mulia dan dapat mengikuti usaha mulia dari leluhurnya.
Semarang, 11 Nopember 2010



Wong Aman Gautama Wangsa